LDR - tips menjaga

LDR  (Long Distance Relationship) atau hubungan jarak jauh kini menjadi  hubungan yang sebagian dipilih oleh seorang lelaki dan perempuan yang mempunyai keterikatan seperti terikat pernikahan atau baru sekedar pacaran namun tidak bisa bersama karena dipisah jarak.

Memilih hubungan jarak jauh, apalagi untuk dua orang yang sudah menikah adalah pilihan yang pasti terasa sulit. Banyak resiko ke depannya yang mungkin akan terjadi di antara keduanya. Salah satu resiko terbesar bagi pasangan LDR biasanya adalah kesalahpahaman akibat dari kurang/sulitnya komunikasi.

Komunikasi menjadi hal yang amat sangat penting ketika kita menjalani hubungan jenis ini. Jarangnya temu yang bisa dilakukan, membuat komunikasi adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh mereka untuk tetap terhubung satu sama lain.

LDR - adalah komitmen

Beruntungnya para pelaku LDR sekarang ini karena banyak dibantu dan didukung oleh teknologi yang bisa mendekatkan jarak walau sebentar. Aplikasi pesan dan video pun banyak pilihannya dan bisa dipilih sesuai yang diinginkan, misalnya WhatsApp, Line, imo, dan lainnya.

Walau begitu, tetap saja LDR dianggap hubungan yang sangat rentan. Hubungan LDR yang masih di level pendekatan dianggap tidak memiliki tujuan ke jenjang yang lebih serius karena jarangnya bertemu. Padahal menurut penelitian yang ditulis di dalam Journal Communication, pasangan LDR ternyata memaknai cinta dan masa depan lebih dalam dan terencana. Hal ini karena pelaku atau pasangan LDR amat sangat menghargai komunikasi.

komunikasi jaga via telpon - ldrMenghargai komunikasi pastinya lebih jarang ditemukan dari pasangan yang tidak menjalani LDR.  Hal ini kemungkinan terjadi karena seringnya mereka bertemu atau berkomunikasi dan menganggap komunikasi adalah hal yang biasa dan membosankan.

Bagi para pelaku atau pasangan LDR, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga hubungan dengan baik. Selain komunikasi yang telah disebutkan di atas, beberapa tips di bawah ini bisa dilakukan untuk menjaga kualitas hubungan:

  1. Lakukan suatu kegiatan bersama-sama

Jarak mungkin menjauhkan raga, namun tidak untuk hati. Manfaatkan teknologi dengan baik dengan melakukan kegiatan yang sama bersama-sama. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa dipilih. Sebagai contoh, aktivitas yang bisa dilakukan adalah bernyanyi bersama, menggosok baju bersama, atau bahkan beres-beres tempat tinggal masing-masing namun dalam waktu bersamaan.

  1. Saling memberi kejutan

saling tukar kadoMemberikan kejutan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga hubungan yang manis. Misalnya, tanpa sepengetahuan pasangan berilah kejutan dengan mengirim hadiah atau lainnya ke alamatnya. Atau, bisa juga berkunjung ke rumah pasangan tanpa memberitahunya terlebih dahulu. Dijamin, pasangan akan merasa bahagia atau bahkan sampai terharu.

  1. Menjaga komunikasi dengan keluarga pasangan

Salah satu komunikasi yang perlu dijaga adalah komunikasi dengan keluarga pasangan. Hal ini agar tali silaturahmi tetap terjaga dan rasa percaya tumbuh dari kedua orang tua atau saudara si pasangan.

  1. Menjadwalkan waktu pertemuan

Sebagai pasangan LDR, pertemuan tetap harus direncanakan. Karena, waktu inilah menjadi salah satu hal yang paling berharga dan ditunggu oleh para pelaku atau pasangan LDR. Mengunjungi bukan berarti hanya pihak si lelaki yang mengunjungi wanita, wanita pun bisa mengunjungi lelaki dan bersilaturahmi dengan keluarga untuk lebih mempererat hubungan. Gunakan waktu bertemu ini dengan sebaik-baiknya. Lakukan berbagai hal atau kegiatan yang tidak bisa dilakukan ketika sedang LDR. Sehingga, kesan negatif pada hubungan LDR dapat diminimalkan.

Bagaimana? Sudah siap menjalani manis dan menarikanya hubungan LDR?